Transactions Official Receipt merupakan modul yang digunakan untuk pembuatan Jurnal Official Receipt. Di dalam menu ini terdapat fungsi 'Filter', 'Create New', 'Edit', 'Disable', 'Print' dan 'Posted'. Tampilan awal ketika user membuka menu "Transactions Official Receipt" adalah sebagai berikut :


Di dalam menu Transactions Official Receipt sendiri ketika user berpindah ke halaman Detail Transactions Official Receipt, terdapat enam buah panel yaitu "Header", "Debit", "Credit", "Reference", "Response" dan "Info".


Panel Header berisi informasi data header dari Transactions Official Receipt. Di sini user bisa mengisi serta mengedit data header dari Transactions Official Receipt.

 


Panel Debit berisi informasi seputar Debit Transactions Official Receipt. Di panel ini user bisa menambahkan data debit, menarik referensi serta add TR.


Panel Credit berisi informasi seputar Credit Transactions Official Receipt. Di panel ini user bisa menambahkan data credit dan menarik referensi.


Panel Reference berisi informasi seputar list reference dari Transactions Official Receipt. 


Panel Response berisi informasi seputar list response dari Transactions Official Receipt.


Panel Info berisi informasi siapa dan kapan yang telah melakukan create, modified, posted, serta disable data.



Filter Data
    • Untuk memfilter data, dapat dilakukan dengan cara klik tombol filter
      1. Kolom pencarian Journal ID, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci Jurnal ID.
      2. Kolom pencarian Vendor, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci nama vendor.
      3. Kolom pencarian Periode, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci waktu periode.
      4. Kolom pencarian Created By, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci nama pembuat transaksi.
    • Tombol untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan pilihan filter. Lalu hasil pencarian akan muncul pada data kolom. 


    • Klik button untuk mereset kolom filter.



Create New
    • User mengklik button untuk membuat data baru pada list data table.
    • Setelah itu akan masuk ke halaman Detail Transactions Official Receipt. Di halaman detail data ini, terdapat enam buah panel yaitu "Header", "Debit", "Credit", "Reference", "Response" dan "Info" yang masing-masing berisi informasi dari data Detail Transactions Official Receipt.


Panel Header 

User memasukkan data Transactions Official Receipt pada kolom form pembuatan di panel header.


      1. Source : masukkan source official receipt.
      2. Currency : masukkan kurs mata uang.
      3. Rate : masukkan rate mata uang.
      4. Vendor : masukkan nama vendor.
      5. Book Date : masukkan tanggal booking.
      6. Periode: masukkan waktu periode.
      7. CA Account : masukkan CA Account.
      8. Description : masukkan deskripsi sebagai informasi tambahan.


Panel Debit 

Pada panel debit ini, terdapat tiga buah button yaitu untuk menambahkan debit secara manual, menarik referensi dan menambahkan TR. Untuk menambahkan Debit secara manual, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut lalu isi form yang ada. Jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.


Untuk menambahkan Add Reference, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut.

 

User mengisikan reference, journal ID, vendor atau account untuk mencari data yang diinginkan lalu mengklik button agar data muncul pada data table. Jika data yang diinginkan sudah muncul, user hanya perlu mencentang row data yang ingin ditarik, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.


Untuk menambahkan Add TR, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut.

 

User mengisikan reference, journal ID, vendor atau account untuk mencari data yang diinginkan lalu mengklik button agar data muncul pada data table. Jika data yang diinginkan sudah muncul, user hanya perlu mencentang row data yang ingin ditarik, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.


Panel Credit 

Pada panel credit ini, terdapat dua buah button yaitu untuk menambahkan debit secara manual dan menarik referensi. Untuk menambahkan Credit secara manual, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut lalu isi form yang ada. Jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.

Untuk menambahkan Add Reference, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut.

 

User mengisikan reference, journal ID, vendor atau account untuk mencari data yang diinginkan lalu mengklik button agar data muncul pada data table. Jika data yang diinginkan sudah muncul, user hanya perlu mencentang row data yang ingin ditarik, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.


    • Untuk menyimpan data Transactions Official Receipt klik button atau jika ingin membatalkan klik button



Edit Data

    • Klik button pada row data kolom yang ingin diubah, kemudian halaman akan diarahkan pada halaman Detail Transactions Official Receipt seperti pada gambar berikut :


Panel Header 


User melakukan perubahan pada panel header seperti form create new.


Panel Debit

Untuk mengedit, klik button pada row yang ingin diedit. User hanya perlu merubah isi kolom yang akan diedit seperti pada gambar di bawah, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.

Untuk menghapus, klik button pada row yang ingin dihapus.


Panel Credit

Untuk mengedit, klik button pada row yang ingin diedit. User hanya perlu merubah isi kolom yang akan diedit seperti pada gambar di bawah, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.

Untuk menghapus, klik button pada row yang ingin dihapus.


    • Jika sudah mengedit semua yang dibutuhkan, untuk menyimpan perubahan data Transactions Official Receipt klik button atau jika ingin membatalkan klik button



Posted Data

    • Untuk melakukan posting data, user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button  pada row data yang akan diposting.
    • Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Official Receipt lalu user mengklik button untuk melakukan posting.

    • Secara otomatis data akan terposting. Jika user ingin meng-unposting, klik button



Print Data

    • Untuk melakukan print data user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button  pada row data yang akan diprint.
    • Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Official Receipt lalu user mengklik button untuk melakukan print dan akan muncul pop up seperti pada gambar berikut. 


User hanya perlu mengklik button "Journal Voucher" lalu akan diarahkan pada halaman print. User tinggal melakukan print sesuai kebutuhan.



Disable Data

    • Untuk melakukan disable data user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button  pada row data yang akan didisable.
    • Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Official Receipt, lalu user mengklik button dan akan muncul pop up konfirmasi seperti gambar di bawah ini : 


    • Klik button untuk medisable data Transactions Official Receipt atau klik button untuk cancel.



Delete Data

    • Untuk mendelete data user bisa langsung mengklik button lalu akan muncul pop up seperti pada gambar berikut. Klik button untuk mendelete data Transactions Official Receipt atau klik button untuk cancel





















Created with the Personal Edition of HelpNDoc: Easily create Qt Help files