Sales Invoice
Transactions Sales Invoice merupakan modul yang digunakan untuk pembuatan transaksi sales invoice lanjutan dari sales order. Di dalam menu ini terdapat fungsi 'Filter', 'Create New', 'Edit', 'Disable', 'Print' dan 'Posted'. Tampilan awal ketika user membuka menu "Transactions Sales Invoice" adalah sebagai berikut :
Di dalam menu Transactions Sales Invoice sendiri ketika user berpindah ke halaman Detail Transactions Sales Invoice, terdapat delapan buah panel yaitu "Header", "Debit", "Credit", "Tax", "Log Detail", "Reference", "Response" dan "Info".
Panel Header berisi informasi data header dari Transactions Sales Invoice. Di sini user bisa mengisi serta mengedit data header dari Transactions Sales Invoice.
Panel Debit berisi informasi seputar Debit Transactions Sales Invoice. Di panel ini user bisa menambahkan data debit.
Panel Credit berisi informasi seputar Credit Transactions Sales Invoice. Di panel ini user bisa menambahkan data credit.
Panel Tax berisi informasi seputar list tax dari Transactions Sales Invoice.
Panel Log Detil berisi informasi seputar list tax dari Transactions Sales Invoice.
Panel Reference berisi informasi seputar list reference dari Transactions Sales Invoice.
Panel Response berisi informasi seputar list response dari Transactions Sales Invoice.
Panel Info berisi informasi siapa dan kapan yang telah melakukan create, modified, posted, serta disable data.
Filter Data
- Untuk memfilter data, dapat dilakukan dengan cara klik tombol filter
- Kolom pencarian Source, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci source sales invoice.
- Kolom pencarian Periode, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci waktu periode.
- Kolom pencarian Vendor, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci nama vendor.
- Kolom pencarian Tax ID, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci ID Tax sales invoice.
- Kolom pencarian Created By, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci nama pembuat transaksi.
- Kolom pencarian ID, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci ID sales invoice.
- Tombol untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan pilihan filter. Lalu hasil pencarian akan muncul pada data kolom.
- Klik button untuk mereset kolom filter.
Create New
- User mengklik button untuk membuat data baru pada list data table.
- Setelah itu akan muncul pop up seperti pada gambar berikut. User memilih source sales invoice lalu klik button untuk membuat data baru.
- Setelah itu akan masuk ke halaman Detail Transactions Sales Invoice. Di halaman detail data ini, terdapat delapan buah panel yaitu "Header", "Debit", "Credit", "Tax", "Log Detail", "Reference", "Response" dan "Info" yang masing-masing berisi informasi dari data Detail Transactions Sales Invoice.
Panel Header
User memasukkan data Transactions Sales Invoice pada kolom form pembuatan di panel header.
- vendor : masukkan nama vendor.
- Currency : masukkan kurs mata uang.
- Rate : masukkan rate mata uang.
- Advertiser : masukkan nama advertiser.
- Brand : masukkan nama brand.
- Sales : masukkan nama sales.
- Description : masukkan deskripsi sebagai keterangan tambahan.
- Book Date : masukkan tanggal booking.
- Periode: masukkan waktu periode.
- Due Date : masukkan tanggal.
- Tax ID : masukkan ID tax sales invoice.
- Bill Date : masukkan bill date.
- Contract Number : masukkan nomor kontrak.
- Invoice Description : masukkan deskripsi invoice.
- MO Num : masukkan nomor MO.
Panel Debit
Untuk menambahkan debit Transactions Sales Invoice klik button maka akan keluar pop up seperti berikut dan isikan form pembuatan debit Transactions Sales Invoice. Jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Panel Credit
Untuk menambahkan credit Transactions Sales Invoice, user mengklik button maka akan keluar pop up seperti berikut lalu isi form yang ada. Jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Panel Tax
- Untuk menyimpan data Transactions Sales Invoice klik button atau jika ingin membatalkan klik button
- Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi seperti gambar di bawah. Klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Edit Data
- Klik button pada row data kolom yang ingin diubah, kemudian halaman akan diarahkan pada halaman Detail Transactions Sales Invoice seperti pada gambar berikut :
Panel Header
User melakukan perubahan pada panel header seperti form create new.
Panel Debit
Untuk mengedit, klik button pada row yang ingin diedit. User hanya perlu merubah isi kolom yang akan diedit seperti pada gambar di bawah, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Panel Credit
Untuk mengedit, klik button pada row yang ingin diedit. User hanya perlu merubah isi kolom yang akan diedit seperti pada gambar di bawah, jika sudah klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Panel Tax
Untuk mengedit user bisa langsung mengedit kolom yang ada lalu klik button
- Jika sudah mengedit semua yang dibutuhkan, untuk menyimpan perubahan data Transactions Sales Invoice klik button atau jika ingin membatalkan klik button
- Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi seperti gambar di bawah. Klik button untuk menyimpan atau klik button untuk membatalkan.
Posted Data
- Untuk melakukan posting data, user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button pada row data yang akan diposting.
- Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Sales Invoice lalu user mengklik button untuk melakukan posting.
- Secara otomatis data akan terposting. Jika user ingin meng-unposting, klik button
Print Data
- Untuk melakukan print data Transactions Sales Invoice bisa dilakukan dengan dua cara.
- Cara pertama, user bisa langsung mengklik button lalu akan muncul pop up seperti pada gambar berikut.
Di sini user bisa memilih print antara Default ply atau User Defined Ply dengan mencentang checkbox yang ada. Jika user memilih User Defined Ply user bisa menentukan berapa banyak master serta copy yang akan diprint. User juga bisa menentukan pilihan journal yang akan di print antara lain Invoice, Journal Voucher, Tax, Log Proof, Log Proof with Amount dengan cara mengklik salah satu journal yang akan di print.
Setelahnya akan muncul halaman print, dan user tinggal melakukan print sesuai kebutuhan.
- Cara kedua, user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button pada row data yang akan diprint.
- Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Sales Invoice lalu user mengklik button untuk melakukan print lalu akan muncul pop up seperti pada gambar berikut.
Di sini user bisa memilih print antara Default ply atau User Defined Ply dengan mencentang checkbox yang ada. Jika user memilih User Defined Ply user bisa menentukan berapa banyak master serta copy yang akan diprint. User juga bisa menentukan pilihan journal yang akan di print antara lain Invoice, Journal Voucher, Tax, Log Proof, Log Proof with Amount dengan cara mengklik salah satu journal yang akan di print.
Setelahnya akan muncul halaman print, dan user tinggal melakukan print sesuai kebutuhan.
Disable Data
- Untuk melakukan disable, user perlu masuk ke halaman detail dengan cara mengklik button pada row data yang akan didisable.
- Halaman akan otomatis masuk ke halaman Detail Transactions Sales Invoice, lalu user mengklik button dan akan muncul pop up konfirmasi seperti gambar di bawah ini :
- Klik button untuk medisable data Transactions Sales Invoice atau klik button untuk cancel.
Created with the Personal Edition of HelpNDoc: Full-featured multi-format Help generator